SEJARAH SMAN 2 JOMBANG

DSC00327 edit

  Bangunan yang berdiri kokoh dan tegap di pusat kota Jombang ini telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk menjadi Sekolah Negeri favorit. Dengan luas sekolah yang lumayan luas dan berkapasitas ± 1300 siswa dan ± 70 guru, SMAN 2 Jombang telah berhasil mewujudkan misi pendidikan untuk menjadi salah satu organisasi untuk mencerdaskan anak bangsa. Kegiatan-kegiatan yang menjadi penopang pendidikan diakui telah bisa meningkatkan prestasi belajar siswa di bidang akademis maupun non-akademis. Seperti halnya kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang telah menelurkan banyak bibit-bibit unggul serta beratus prestasi yang telah diperoleh dari lomba antar sekolah.

SMAN 2 Jombang berdiri pada tahun 1961 dengan nama SMA Negeri Jombang. SMA ini bertempat di dua lokasi untuk kelas X dan XII bertempat di STIKES sedangkan kelas XI–nya di SMAN 1 Jombang.

Karena merupakan satu – satunya Sekolah Menengah di Jombang, menteri Pendidikan Kebudayaan sesuai dengan SK no.0236/0/1973 memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP). SMPP ini merupakan sekolah terbaik, sehingga pemerintah Jombang membangunkan sebuah gedung baru yang sekarang menjadi SMAN 2 Jombang semua murid, baik kelas X, XI, dan XII berada dilokasi yang sama.

Di SMPP terdapat 2 jurusan yaitu umum dan faksimili. Jurusan umum terbagi lagi menjadi tiga yaitu IPA, IPS dan Bahasa. Siswa yang tergolong pandai, diarahkan masuk jurusan ini dengan harapan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Sedangkan jurusan fokasional (ketrampilan) dibagi menjadi 3 yaitu pertukangan kayu, listrik dan perbengkelan. Siswa yang kurang pandai, diarahkan masuk jurusan ini dengan harapan setelah lulus nanti dapat langsung terjun ke masyarakat.

Namun pada kenyataannya, siswa – siswi di SMPP berlomba – lomba untuk masuk ke jurusan umum, sehingga jurusan fokasional sepi peminat. Karena itu SMPP ini menggunakan kurikulum SMA.

Pada tahun 1981, pemerintah membuka sekolah baru yang bernama SMA karena banyaknya calon siswa yang mendaftar di SMPP. SMA ini berlokasi di SMA Negeri 1. Kedua sekolah ini masih berhubungan dan dibawahi oleh Kepala Sekolah SMPP yaitu Bpk.Wandi.

Pada tahun 1985, tepatnya pada tanggal 23 Nopember, nama SMPP diubah menjadi SMA N 2. Dinamakan SMA 2 karena SMA pada zaman SMPP itu bernama SMA Negeri 1. Pengubahan nama sekolah tidak semudah mengganti tulisan dikertas. Ada banyak yang harus dilakukan agar nama sekolah tersebut dapat diubah. Misalnya, membuat kop surat dinas, papan nama sekolah, stempel sekolah dan membuat surat pemberitahuan ke instansi – instansi yang sering berhubungan dengan sekolah seperti KPKN, kantor Pos, dll. Karena itulah daripada mengubah nama 2 sekolah lebih baik SMPP saja yang diubah.

About Author: admin

1 Comment

  • Wawang

    Jun 03, 2015

    Reply

    Selamat bergabung dengan smadajo dalam melihat aktivitas siswa siswi dalam berprestasi, trimakasih atas atensinya dan kami berharap masukkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>