GELAR KARYA P5 KELAS XI TEMA 1 : SUARA DEMOKRASI

Senin, 11 Oktober 2023 SMAN 2 Jombang mengadakan gelar karya Projek Profil Pelajar Pancasila kelas Xl dengan tema “ Suara Demokrasi”.  Projek ini dipilih dengan mempertimbangkan bahwa peserta didik yang berada pada kelas XI merupakan pemilih pemula yang akan berpartisipasi dalam pesta demokrasi tahun 2024. Sesuai dengan permendikbud 262  tahun 2022 tujuan dari tema Suara Demokrasi yaitu peserta didik menggunakan kemampuan berpikir sistematis, menjelaskan keterkitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi  Pancasila. Melalui pembelajaran ini peserta didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah dan/ atau dalam dunia kerja.  Kegiatan gelar karya yang diadakan SMAN 2 adalah pemilihan Duta Demokrasi SMAN 2 Jombang. Kandidat diperoleh melalui seleksi tiga tahap dimulai dari seleksi tahap awal yang diadakan di setiap kelas sampai akahirnya menghasilkan tiga kandidat yang harus berlaga pada seleksi tahap tiga (final) yang dikemas dalam kegiatan Gelar Karya.

Agar dapat mempersiapkan diri dengan baik, selain diberikan bekal pengetahuan selama proses pembelajaran P5 tentang konsep serta berbagai pengetahuan tentang Demokrasi ini, Para kandidat juga dibekali dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sebelumnya agar dapat mengeksplor informasi tentang implementasi demokrasi yang selanjutnya dipresentasikan dalam setiap tahapan seleksi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berkisar tentang masalah-masalah demokrasi yang ada di sekitar kita. Duta demokrasi yang terpilih adalah kandidat yang memahami bagaimana demokrasi berjalan di Indonesia, dan memahami bagaimana agar nantinya demokrasi bisa berjalan dengan baik. Mereka dituntut memiliki pengetahuan dan strategi-strategi yang bisa diterapkan sebagai penyusun dan pelaksana sistem demokrassi di masa mendatang. Duta demokrasi dipilih secara langsung oleh seluruh peserta didik yang berada pada fase F kelas XI, disamping itu ada juga panelis dari bapak ibu guru yang bertugas menilai dan berhak memberikan suara.

Dimensi pancasila yang ditanamkan dalam projek ini adalah:

  1. Kebhinekaan global dengan target pencapaiannya adalah berpasrtisipasi menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat  dan terbuka serta mandiri
  2. Bernalar kritis dengan target pencapaianny adalah menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang digunakannya dalam menemukan dan mencari solusi serta mengambil keputusan.

Dalam projek ini SMAN 2 berkolaborasi dengan pembicara tamu dari KPU terkait sistem pemilihan dan mekanisme penyelenggaraan PEMILU di indonesia.

Melalui kegiatan  ini diharapkan peserta didik dapat memiliki pengalaman berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan, selain itu melalui tema ini peserta didik diajak agar mampu memahami perannya sebagai  individu dalam demokrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *